Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperingati Hari Raya Saraswati, Manifestasi Sang Dewi Ilmu Pengetahuan

Memperingati Hari Raya Saraswati, Manifestasi Sang Dewi Ilmu Pengetahuan

Hari Raya Saraswati - Umat Hindu tengah memperingati Hari Raya Saraswati. Hari raya ini dijalani umat Hindu dengan sembahyang serta pembacaan kitab suci Weda buat mengenangkan Dewi Saraswati, Si Dewi ilmu pengetahuan.

Dikutip halaman formal Kemenag, Sabtu( 30/ 1/ 2021), I Gusti Ngurah Sudiana, rektor Universitas Hindu Negeri( UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, memaparkan hari Raya Saraswati memiliki banyak arti simbol yang bertabiat umum.

Memperingati Hari Raya Saraswati
Memperingati Hari Raya Saraswati

" Hari Raya Saraswati dirayakan pada wuku terakhir dari 30 Wuku dalam kalender Hindu. Ialah, wuku Watugunung, tepatnya Saniscara ataupun Sabtu Umanis Watugunung," jelasnya.

Baginya, yang dipuja dalam perayaan Saraswati merupakan Tuhan dalam manivestasinya bagaikan Dewi Saraswati ataupun Dewi ilmu Pengetahuan. Dalam kepercayaan Hindu, Saraswati diyakini bagaikan hari turunnya ilmu pengetahuan ke dunia.

I Gusti Ngurah Sudiana meningkatkan, menekuni, meyakini, serta mempunyai ilmu pengetahuan, sangat bermanfaat selaku bekal manusia menuntaskan permasalahan hidupnya.

" Tanpa ilmu pengetahuan manusia tidak sanggup menuntaskan permasalahan hidup serta tidak memperoleh pencerahan. Bila telah mempunyai pengetahuan, hingga dapat digunakan selaku senjata perang. Bagaikan benteng dalam mengarungi permasalahan kehidupan, apalagi dapat melebur dosa- dosa yang telah diperbuat dengan ilmu pengetahuan," jelas I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana berpandangan kalau ilmu pengetahuan tidak sempat habis- habisnya." Benda siapa memahami ilmu serta didukung oleh kepercayaan yang penuh kepada Tuhan, ia hendak bebas dari bermacam kasus hidup. Barangsiapa yang tidak mempunyai ilmu pengetahuan, hingga hendak senantiasa menciptakan kebuntuan dalam menuntaskan permasalahan kehidupan."

Oleh sebab itu, lanjut I Gusti Ngurah Sudiana, Dewi Saraswati mempunyai simbol merak, bagaikan lambang kewibawaan serta angsa bagaikan lambang kebijaksanaan.

" Menyikapi hidup ini dalam kondisi apapun apabila mempunyai ilmu pengetahuan hendak lebih gampang buat memperoleh jalur keluarnya, berbeda dengan mereka yang tidak berilmu pengetahuan," jelasnya.

Arti ataupun Makna Rahajeng Rahina Saraswati

Kata Rahajeng Rahina Saraswati merupakan susunan kata berarti untuk Umat Hindu, sebab perkata tersebut memiliki rasa syukur atas turunnya ilmu pengetahuan. Saraswati dalam etimologi Hindu mempunyai 2 suka kata suci ialah saras serta wati. Saras berarti perkataan, perkataan, ataupun suatu yang mengalir, sebaliknya wati berarti seorang yang memiliki. Apabila keduanya digabungkan saraswati bermakna seorang ataupun individu yang berilmu pengetahuan.

Kata Rahajeng Rahina Saraswati trending di Twitter pada Sabtu, 30 Januari 2021 sebab pada hari ini bersamaan dengan perayaan Hari Raya Saraswati buat segala umat yang memperingati. Perayaan Hari Raya Saraswati sangat berarti untuk umat Hindu di segala dunia. Di dalam perayaan ini, mereka hendak bersuka cita menyenandungkan rasa syukur atas kemuliaan Dewi Saraswati, si simbol ilmu pengetahuan.

Umat Hindu mempercayai pada Hari Raya Saraswati ialah momen ilmu pengetahuan yang turun ke dunia buat kemakmuran, kemajuan, perdamaian, serta tingkatkan keberadaban untuk peradaban manusia. Hari raya Saraswati diperingati pada hari Saniscara Umanis Wuku Watugunung, ataupun dapat dihitung dalam 6 bulan sekali.

Di Denpasar Bali, umat Hindu menyongsong Hari Raya Saraswati dengan menggelar persembahyangan di Pura Jagatnatha Denpasar. Penerapan persembahyangan di masa pandemi mempraktikkan protokol kesehatan yang ketat. Pada Hari Raya Saraswati ini, umat Hindu memuja Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam menifestasinya bagaikan Dewi Saraswati.

Perwujudan Dewi Saraswati

Dewi Saraswati sendiri ditafsirkan bagaikan wujud perempuan menawan. Ia tercantum salah satu dari 3 dewi utama dalam agama Hindu, 2 yang yang lain merupakan Dewi Sri( Laksmi) serta Dewi Uma( Durga). Saraswati ialah sakti dari Dewa Brahma, Dewa Pencipta. Saraswati diketahui pula bagaikan Dewi Sungai di samping Dewi Gangga, Yamina, serta Susoma. Ia merupakan dewi yang memahami ilmu pengetahuan serta seni. Para pemeluk ajaran Wedanta meyakini, dengan memahami ilmu pengetahuan serta seni, manusia dapat mendapatkan jalur buat moksa, pembebasan dari kelahiran kembali.

Berikut adalah doa yang diucapkan di hari Raya Saraswati selain mengucapkan kata-kata Rahajeng Rahina Saraswati.

Om syam Siwam dewam mrtistam swaha,

Om nirwigna nama swaha, suka Sidyam nama swaha.

Om Kara krti prataman, akasa widyah saranam, suka aksara winastam, prasama pada winatam.

Om sri sri sri Sarasati purneng purnaning prani ya nama swaha.

Demikian makna atau arti Rahajeng Rahina Saraswati. Ilmu pengetahuan yang berharga memang layak dirayakan.

Sekali lagi, Selamat buat semua umat Hindu yang merayakan Hari Raya Saraswati.