Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri - Kapanpun seseorang dilanda situasi yang dia tidak yakin - menghadapi seseorang yang dikagumi, harus tampil di depan penonton, atau hanya berbicara dengan orang lain - dia menghadapi stres yang cukup besar. Orang yang percaya diri biasanya mampu menghadapi situasi ini tanpa berkedip; tetapi kita semua mungkin akan luluh dan mencoba melarikan diri dari situasi tersebut.

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Bagi kebanyakan orang yang menghadapi harga diri rendah seperti ini, situasi ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk membodohi diri sendiri. Ini adalah prospek yang sangat memalukan.

Jika Anda adalah salah satu dari jutaan orang yang ingin berhenti gelisah di depan orang lain, mencoba keluar dari situasi seperti itu, dan tidak yakin dengan diri sendiri saat menghadapi presentasi, berikut beberapa tip untuk membantu Anda.

1. Kompetensi adalah Keyakinan 
Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Beberapa organisasi, seperti Toastmasters, membantu mereka yang takut untuk berbicara di depan umum menguatkan diri dengan menekankan kredo ini - dan itu benar-benar berhasil. Satu rahasia kepercayaan diri dan harga diri adalah mampu mempercayai apa yang mampu Anda lakukan. Ini datang dengan banyak latihan dan pembelajaran. Setiap kali Anda mempraktikkan keterampilan tertentu, Anda meningkatkan kepercayaan diri pada kemampuan Anda untuk tampil bahkan di depan orang lain.

Sebelum presentasi besar, pelajari. Cobalah untuk mengetahui segala sesuatu tentang topik tersebut sebelum Anda melangkah di depan audiens. Jika Anda telah berlatih jauh sebelum presentasi, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk melepaskan mereka.

Berlatih di depan orang yang mendukung yang Anda percaya akan membantu Anda mendapatkan umpan balik tentang cara meningkatkan kinerja Anda.

2. Percaya pada Diri Sendiri 
Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Salah satu alasan orang tidak percaya diri adalah kenyataan bahwa mereka sudah yakin bahwa mereka akan gagal bahkan sebelum terjadi sesuatu. Jangan pernah meremehkan kekuatan pikiran. Jika Anda yakin Anda akan gagal, Anda memang akan gagal! Latihan yang lebih baik adalah dengan percaya bahwa Anda bisa sukses. Tetapkan pikiran Anda untuk sukses dan Anda mungkin akan berhasil!

3. Terima Kritik, Baik atau Buruk 

Kebanyakan orang buruk dalam menerima kritik. Daripada menerima kritik secara pribadi, gunakan setiap komentar dan saran untuk menjadikan diri Anda lebih baik. Namun, Anda juga harus memperhatikan beberapa kritik yang tidak pernah dimaksudkan untuk menguntungkan Anda. Abaikan mereka dan lanjutkan.

4. Tetap Tenang dengan Segala Cara 
Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Panik tidak pernah menguntungkan siapa pun. Jika Anda tiba-tiba berada dalam situasi di mana Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan atau apa yang akan terjadi, tetaplah tenang. Jika Anda tidak tahu jawabannya, katakan dengan tenang. Jika Anda tidak tahu harus berbuat apa, tidak ada salahnya untuk mengakuinya. Namun, di balik fasad Anda yang keren, selalu usahakan untuk tetap berhati-hati, berpikir cepat, dan bersikap hati-hati. Ini sendiri bisa membutuhkan banyak latihan, tetapi itu sangat berharga.

5. Jangan Takut Gagal 
Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Banyak orang takut gagal; mereka berhenti mencoba karena mereka tidak percaya diri dengan keterampilan mereka. Jika Anda takut mencoba, Anda akan terjebak di tempat Anda berada. Kegagalan hanya bisa membuat Anda lebih baik. Ingatlah bahwa setiap orang hebat mengambil risiko dan banyak gagal sebelum mencapai kebesaran.

6. Jangan Mendasarkan Kepercayaan Anda pada Apa yang Orang Pikirkan Tentang Anda 
Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri

Meskipun pendapat orang lain tentang Anda bisa jadi penting, hal itu tidak boleh membuat Anda berpikir bahwa Anda penting. Mereka tidak mengenal Anda lebih baik daripada Anda. Jika Anda membebaskan diri dari belenggu opini teman, Anda akan bebas mencoba hal baru dan mempelajari keterampilan baru. Tidak masalah jika mereka berpikir Anda tidak dapat mencapai apa pun - ambillah kebaikan apa pun yang dapat dikumpulkan dari nasihat mereka dan lanjutkan hidup.

Kapanpun seseorang dilanda situasi yang dia tidak yakin - menghadapi seseorang yang dikagumi, harus tampil di depan penonton, atau hanya berbicara dengan orang lain - dia menghadapi stres yang cukup besar. Orang yang percaya diri biasanya mampu menghadapi situasi ini tanpa berkedip; tetapi kita semua mungkin akan luluh dan mencoba melarikan diri dari situasi tersebut.

Itulah 6 tips dan Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Diri Sendiri yang dapat anda praktikkan dan lakukan dalam kehidupan sehari-hari anda.