Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Blogspot Gratis : Membuat Blog Pribadi dalam Waktu Kurang dari 1 Menit

Di zaman modern dan millenial sekarang ini kebutuhan akan blog pribadi atau personal blog sangat penting untuk membuat portofolio pribadi ataupun mendigitalkan tulisan-tulisan yang kita miliki. Namun ternyata masih banyak kawan-kawan yang belum memiliki blog karena merasa bahwa membuat blog itu sulit dan membutuhkan biaya. Disini, saya akan membagikan tips cara buat blogspot gratis dengan cepat.

cara buat blogspot gratis
cara buat blogspot gratis

Disini akan dibagikan cara membuat blog tanpa mengeluarkan biaya alias free (gratis) hanya bermodalkan wi-fy (jaringan internet) dan akun gmail (google account). Kita akan menggunakan platform yang disediakan oleh google, yaitu blogspot lewat blogger.com.

Oke, jangan lupa sediakan kopi sebelum kita mulai langkah-langkah cara buat blogspot gratis agar lebih mantap hahahah.

Langkah Pertama: Membuat Blog

Buka browser kalian, disini saya akan memakai google chrome. Ketikkan blogger.com di Url browser kemudian tekan enter. Maka akan muncul tulisan Buat blog, klik tulisan tersebut dan  anda akan diminta untuk memasukkan akun google anda, silahkan ketikkan email gmail dan password email anda.

Setelah itu halaman dashboard blogger akan terbuka, lihat tulisan add new blog atau buat blog baru, klik tulisan tersebut maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Cara Buat Blogspot Gratis

Silahkan masukkan nama blog yang anda inginkan kemudian klik next (berikutnya), muncul tampilan seperti berikut.

Cara Buat Blogspot Gratis

Disini anda diminta untuk memasukkan alamat url blog anda, misalnya namablog.blogspot.com. Setelah itu klik save/simpan. Selamat, Sampai disini anda telah memiliki blog pribadi.

Cara Buat Blogspot Gratis

Untuk melihat tampilan awal blog anda, silhkan klik menu view blog/lihat blog.

Cara Buat Blogspot Gratis

Inilah tampilan awal blog dengan tema default.

Langkah kedua: Membuat Postingan Blog

Untuk membuat postingan pertama anda, silahkan kembali ke halaman dashboard seperti pada gambar 4 di atas. Klik menu New post/postingan baru. Maka halaman text editor akan muncul seperti gambar berikut.

Cara Buat Blogspot Gratis

Masukkan judul postingan anda di bagian title/judul. Kemudian mulailah mengetikkan artikel postingan anda di editor text.

Pada bagian label, isikan label atau kategori postingan anda. Anda juga bisa memasukkan gambar melalui menu insert picture yang terletak pada menu bar.

Cara Buat Blogspot Gratis

Setelah semua artikel anda siap, klik menu publish terus pilih yes. Maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard postingan anda seperti gambar berikut.

Cara Buat Blogspot Gratis

Itu tandanya bahwa postingan anda telah terpublish. Silahkan lihat tampilan blog anda kembali

Cara Buat Blogspot Gratis

Selamat anda telah berhasil membuat blog sekaligus membuat postingan pertama anda.

Demikianlah cara buat blogspot gratis yang telah dipaparkan di atas, jadi tunggu apalagi segera buat blog pertama anda. Semoga bermanfaat.